Translate

Senin, 21 Januari 2013

Bahaya Kolesterol Jahat dan Solusinya


Kolesterol
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.
Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.
Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.
Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin (obat kimia ).
Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Penyebab kolesterol
konsumsi makanan yang tinggi lemak dan sumber kolesterol (seperti makanan berminyak, bersantan, makanan fast food) , alkohol dan gula yang berlebihan.
 Terapi Umum
  • Makanlah makanan tinggi serat, gunakan minyak mufa (mono-unsaturated fatty acid) dan pufa (poly-unsaturated fatty acid), suplementasi minyak ikan, vitamin antioksidan dan pertahankan berat badan ideal.
  • Apabila pengatura gaya hidup tidak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, maka pasien harus mengkonsumsi obat. Obat yang dapat digunakan yaitu :
a.   Golongan asam fibrat à Gemfibrozil, Fenofibrate dan Ciprofibrate.
Fibrate menurunkan produksi LDl dan meningkatkan kadar HDL. LDL ditumpuk di arteri sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung, sedangkan HDL memproteksi arteri atas penumpukkan itu.
b.      Golongan resin à Kolestiramin (Chlolestyramine)
Obat antihiperlidemik ini bekerja dengan cara mengikat asam empedu di usus dan meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.
c.       Golongan Penghambat HMGCoa reduktase à Pravastatin, Simvastatin, Rosavastatin, Fluvastatin, Atorvastatin.
Menghambat pembentukan kolesterol dengan cara menghambat kerja enzim yang ada di jaringan hati yang memproduksi mevalonate, suatu molekul kecil yang digunakan untuk mensintesa kolesterol dan derivat mevalonate. Selain itu meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.
d.      Golongan Asam nikotinat à niasin
Dengan dosis besar asam nikotinat diindikasikan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah
e.       Golongan Ezetimibe
Menurunkan total kolesterol dan LDL juga meningkatkan HDL dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Terapi Herbal : Terapi dengan menggunakan herbal lebih baik karena tidak mengandung unsur kimia yang akan berdampak panjang umumnya pada kerja jantung, ginjal dan empedu.
Antara lain ; memperbanyak konsumsi madu, minyak zaitun, VCo, minyak Habatsaudah, Yoghurt Atau ramuan lain
Atau alternative lain yg sudah terbukti :
Terapi Hirudo ( Bekam Lintah ) dimana :
Seperti dikutip dari kompas.com
PEKANBARU, KOMPAS.com - Lintah yang oleh sebagian masyarakat dianggap binatang menjijikkan, ternyata sangat besar manfaatnya untuk kesehatan. Sakti, (39), seorang warga Pekanbaru penderita diabetes,  Rabu (19/10/2011), mengungkapkan manfaat besar binatang ini untuk proses penyembuhan penyakitnya.
Alasan itu pula yang membuat ’terapi lintah’ kian digemari sebagian warga kota Pekanbaru.  Selain diabetes, menurutnya, banyak warga kota yang menderita penyakit kronis lainnya saat ini mulai lebih percaya dengan cara pengobatan menggunakan terapi ini, ketimbang pengobatan medis konvensional.
Beberapa penyakit kronis yang dapat dipulihkan secara ampuh, di antaranya hipertensi, tumor, diabetes, lemah syahwat, dan gangguan kolesterol. Artinya, lintah kini bukan lagi binatang menjijikkan. Itulah sebabnya, kini di Pekanbaru dikembangkan ’terapi lintah’ yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
"Kami lebih yakin dengan cara pengobatan dengan "terapi lintah", daripada melakukan pengobatan medis di rumah sakit (yang harus melewati banyak proses administrasi maupun pengeluaran uang banyak)," ungkapnya lagi.
Ia berulang mengaku, ’terapi lintah’ yang diikutinya sangat berpengaruh sekali dengan pemulihan kesehatannya. Sebab, sebelumnya gangguan diabetesnya sangat parah, namun setelah melakukan terapi itu, sudah banyak berkurang. "Dulu penyakit diabetes saya sangat parah, namun setelah saya rutin melakukan terapi ini, diabetes saya berkurang, dan saat ini sudah tidak terasa lagi. Makanya kami sekeluarga percaya dengan terapi ini, karena sudah terbukti," tuturnya. PEKANBARU, KOMPAS.com –
Atau seperti yang kami lakukan pada pasien kami : di Azra Herbal/ Terapi Hirudo Cibubur.




 utk terapi wanita kami tangani oleh tenaga terapi wanita konfirmasi 1 hari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar